PERSBUL BUOL si ANOA PEGUNUNGAN



Persbul Buol merupakan Klub sepak bola asal Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Klub yang bermarkas di stadion mini kuonoto Kabupaten Buol ini merupakan klub sepak bola dengan pencapaian yang cukup fantastis. Sejak mulai merintis keikut sertaannya di liga Indonesia pada tahun 2007, Persbul Buol mampu menembus kompotisi divisi utama liga Indonesia pada tahun 2011. Pencapaian itu di dapatkan Persbul Buol setelah berjuang keras melewati klub-klub peserta divisi tiga, divis dua, dan divisi satu Liga Indonesia. Persbul Buol menjadi runner up di divisi satu Liga Indonesia dan mendapat tiket promosi untuk berlaga di divisi utama Liga Indonesia pada musim kompetisi 2011-2012. Pencapaian terbaik Persbul Buol dalam dunia persepakbolaan indonesia ialah ketika Persbul Buol yang merupakan tim promosi divisi satu langsung berpeluang untuk bermain di liga super indonesia musim 2012-2013.
Pada saat itu Persbul Buol menjadi klub peserta play off yang memperebutkan 3 tempat di Liga Primer indonesia. kesempatan itu di dapat  Persbul Buol setelah berhasil menjadi runner up grup 3 divisi utama liga indonesia musim 2011-2012. Babak Play Off ketika itu direncanakan akan mempertandingkan tiga klub yang berada di peringkat kedua masing-masing grup Divisi Utama dan peringkat ke-11 Indonesian Premier League (IPL). Persbul Buol sendiri akan bertarung bersama-sama PSLS Lhokseumawe (Grup 1), PSIR Rembang (Grup 2), dan Bontang FC (peringkat 11 IPL). Impian untuk bermain di kasta tertinggi persepakbolaan indonesia akhirnya tertunda ketika menagemen Persbul Buol memutuskan untuk tidak lagi bermain di kompetisi yang di bawahi oleh PSSI dan memutuskan hijrah ke liga super indonesia yang di selenggarakan oleh KPSI. Keputusan itu di ambil karena pihak managemen Persbul Buol kecewa dengan pengurus PSSI yang di anggap tidak konsisten. Keputusan hengkang ke Divisi Utama diketahui setelah Ketua Umum Persbul Buol Abdullah Batalipu mengeluarkan pernyataan resmi kepada media. "Walau kami ada kesempatan bermain di Indonesia Premier League (IPL), tetapi kami tidak mau. Kami sudah mengirimkan surat resmi kepada PSSI bahwa kami mundur dari babak playoff demi sepakbola yang lebih baik," kata Abdullah seperti dalam resmi yang diterima wartawan, Selasa (27/11).
Meskipun impian Persbul Buol tertunda, pencapaian yang dibuat Persbul Buol tentu sangat mencengangkan dan membuat bangga masyarakat khususnya yang berada di kabupaten Buol, pasalnya untuk bisa berkompetisi di divisi utama liga indonesia apalagi bisa menjadi runner up divisi utama,  sebuah klub biasanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mencapai itu. Persbul Buol yang mulai merintis jalan ke liga super indonesia pada tahun 2007 hanya memerlukan waktu 4 tahun untuk dapat menjadi runner up grup 3 divisi utama liga Indonesia. Pencapaian yang cukup fantastis ini tidak lepas dari peran Kamaluddin selaku pelatih Persbul Buol dan juga H. Amran Batalipu S.E. M.M. selaku perintis terbentuknya Persbul Buol yang saat ini diberi julukan "Anoa Pegunungan". Saat ini, klub yang juga mendapat julukan “Laskar Pogogul” itu bermain grup 4 di divisi utama Liga Indonesia bersama 7 klub lainnya yaitu PS Sumbawa Barat, Perssin, PSBS Biak, Perseka, Perseru Serui, Persigo Gorontalo, dan Yahukimo FC. Untuk musim 2012-2013 Persbul Buol menurut Sekretaris Persbul Buol Iskandar Nouk yang di hubungi via handphone mengatakan timnya tidak menargetkan untuk bermain di liga super Indonesia musim depan, mengingat sokongan dana yang minim hingga timnya tidak dapat mendatangkan pemain-pemain yang lebih berkelas, selain itu sokongan dana yang minim juga  menghambat operasional klub terutama untuk memenuhi biaya partai tandang, bahkan menurut sekretaris Persbul Buol itu, timnya terancam untuk tidak dapat berkunjung ke markas lawan untuk memainkan partai tandang. untuk musim ini, Persbul Buol hannya akan di perkuat oleh pemain-pemain lokal yang sebagian merupakan putra terbaik buol. menurut Iskandar Nouk, timya hanya fokus untuk dapat bertahan di divisi utama Liga Indonesia, namun untuk kompotisi tahun depan rencananya Persbul Buol akan lebih di persiapkan dengan baik dengan melibatkan berbagai pihak. Persbul Buol di jadwalkan melakoni pertandingan perdana musim ini di kandang Yahukimo FC di Kota Makassar pada tanggal 9 februari 2013.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

NAUTICUS - SOLUSI BAGI TRANSAKSI FIATCURENCY DENGAN CRYPTOCURENCY

Ubcoin Market

Versi Beta Nauticus Sekarang Tersedia Di Google Play